B.O.D MENJADI METODE EFEKTIF MENUJU ORGANISASI IDEAL

 


Dewasa ini khususnya dalam dunia organisasi mahasiswa, banyak sekali kendala dalam pemberdayaan internal maupun eksternal. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya; sikap egois yang mementingkan keuntungan sendiri, apatis tehadap iklim organisasi, dan tidak mengimplementasikan visi serta misi yang telah ditetapkan. Akibatnya, keseimbangan effort alumni, pengurus, dan anggota menjadi tidak stabil sehingga langkah untuk mencapai organisasi yang ideal sangat sulit untuk diwujudkan.


Organisasi ideal adalah wadah berproses yang memiliki konsistensi dalam meraih visi melalui misi yang tertulis. Secara eksklusif organisasi ideal memiliki karakteristik diantaranya; (1) pengurus dan anggota sedikit yang pasif, (2) pengurus dan anggota sedikit yang keluar, (3) tidak ada program kerja yang tidak terlaksana, (4) memiliki citra baik di internal maupun eksternal, (5) mengutamakan kepentingan bersama, dan (6) tidak keluar dari misi serta visi yang telah diimpikan bersama.


Maka dari itu, ada sebuah metode untuk mencari rute terbaik menuju organisasi yang ideal tersebut. BOD, bukan Blade of Despair yang ada di game familiar Mobile Legend. BOD disini adalah akronim dari Branding, Organizing, and Developing.




1. Branding

Branding atau publisitas organisasi adalah sebuah cara yang sangat efektif dalam membangun citra baik di khalayak. Target dari branding ini tidak terbatas, mulai dari internal organisasi, maupun eksternal organisasi yang meliputi universitas, nasional, bahkan internasional. Branding ini dapat dilakukan dengan cara publisitas media melalui konten-konten yang menjadi identitas sebuah organisasi atau bisa dengan melakukan studi banding maupun kunjungan ke beberapa organisasi yang menjadi target kerjasama. Adapun tujuan dari branding adalah untuk meningkatkan eksistensi sebuah organisasi dan juga mendapatkan relasi yang tidak terbatas untuk kepentingan bersama yang sustainable.

 

2. Organizing

Organizing adalah kunci keberhasilan dari Branding maupun Developing, pengorganisasian yang efektif dapat mempermudah langkah menuju organisasi yang ideal. Menurut Stoner dan Walker (1986) pengorganisasian adalah satu proses di mana aktivitas kerja disusun dan dialihkan kepada sumber tenaga untuk mencapai tujuan sebuah organisasi. Organizing memiliki tujuan diantaranya, (1) meningkatkan loyalitas, (2) meningkatkan totalitas, (3) meningkatkan solidaritas, (4) meningkatkan produktivitas, dan (5) meningkatkan kualitas. Maka, organizing yang dilakukan secara efektif dapat menjadi langkah utama untuk mencapai organisasi yang ideal (Hasibuan, 2001). Organizing ini bisa dilakukan dengan cara mengadakan rapat bulanan seluruh pengurus maupun anggota, mengadakan bounding, dan menampung seluruh aspirasi anggota maupun pengurus serta mengadakan Forum Group Disscussion (FGD).

 

3. Developing

Developing atau pemberdayaan merupakan sebuah metode yang mengutamakan kepentingan internal organisasi. Sebuah organisasi memiliki identitasnya masing-masing, untuk menanamkan identitas tersebut kepada seluruh anggotanya dibutuhkan development. Hal ini sangat penting untuk memberikan kenyamanan berproses bagi seluruh angggota, dan juga pemberian benefit yang sejak awal menjadi acuan seluruh anggota organisasi bergabung. Selain itu, developing juga merupakan salah satu cara untuk mewujudkan misi konkret yang diimpikan setiap organisasi. Dengan pemberdayaan yang baik misi akan terlaksana dan visi akan menjadi kenyataan. Developing ini bisa dilakukan dengan cara membuat program kerja yang selaras dengan misi dan visi, pengabulan aspirasi anggota maupun pengurus, dan memberikan wadah pengembangan minat dan bakat anggota maupun pengurus.

 

Dengan Branding, Organizing, dan  Developing kendala-kendala umum yang masih sangat sering dialami oleh beberapa organisasi mahasiswa harapannya dapat terminimalisirkan. Tidak hanya itu, harapannya juga setiap organisasi di sebuah kampus menjadi wadah yang memberikan benefit bukan hanya membutuhkan dedikasi dari anggota maupun pengurusnya. Dengan demikian organisasi yang ideal akan terwujud.

 


Daftar Pustaka

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara





(Penulis : Hafidz Ramadhan/KPI/2020 | Editor : Syarifah Zahra/Deputy of Ministry ER)


Post a Comment

0 Comments