Pentingnya Strategi Digital Marketing yang Tepat di Tengah Persaingan yang Ketat

 


Sumber Gambar : Brandequity.com

Seiring berkembangnya zaman, pola pikir dan kebutuhan manusia mengalami perubahan. Baik dalam hal teknologi, kebudayaan, kebutuhan ekonomi dan lainnya. Saat ini hampir bisa kita temui mini market di seluruh penjuru kota hingga desa, kuliner beraneka rasa, cafe ada dimana-mana, generasi muda sudah memulai usahanya, e-commere tidak hanya satu saja, perusahaan-perusahaan semakin gagah, transaksi semakin mudah, tidak perlu tatap muka bahkan sampai ada aplikasi cicilan untuk pembayaran, serta hal lainnya. Tentu perkembangan ini membawa kemudahan bagi para customer dalam memenuhi kebetuhan primer maupun sekunder. Namun, di sisi lain, bagi para reseller, para pebisnis, para usahawan, atau orang-orang yang berusaha merintis, mereka perlu memutar otak, berpikir dengan matang bagaimana bisa turut bersaing, menjadi pilihan nomor satu, dan menunjukan serta mempertahankan eksistesinya di tengah dunia usaha dengan market yang semakin pesat, demikian juga semakin ketat. Maka untuk itu, mesti dibutuhkan kerja keras dalam mewujudkan marketing yang baik.

Marketing sendiri, seperti dijelaskan dalam buku Effective Public Relations karangan Scott M. Cuttlip, dkk, dalam bagian I, Kerancuan Public Relations dan Marketing, menjelaskan bahwa marketing adalah “Fungsi manajemen yang mengindetifikasi kebutuhan dan keingan manusia, menawarkan produk dan jasa untuk memuaskan permintaan, dan menyebabkan terjadinya transaksi dimana pemberian produk atau jasa itu akan ditukar dengan sesuatu yang berharga”. Berakar pada definisi marketing tersebut, tentu untuk menjalankan atau menerapkan sistem marketing tidaklah mudah. Maka di sinilah urgensi strategi marketing yang baik dan tepat sebagai salah satu upaya untuk mencapai apa yang menjadi tujuan dari market itu sendiri. Sebab suatu usaha dalam bidang apapun tidak akan berkembang bila tanpa disertai dengan strategi marketing yang baik dan tepat.

Saat ini persaingan market semakin pesat dan ketat, yang salah satunya dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi. Kemajuan teknologi membuat market yang awalnya sederhana menjadi semakin kompleks bila tidak didukung dengan kecakapan dan kemampuan IPTEK. Berdasarkan data Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencatat indeks persaingan usaha di Indonesia pada 2021 mengalami kenaikan, yaitu  pada angka 4,81 dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 4,65 saja. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa kini persaingan market dunia usaha semakin berkembang. Terlebih persaingan market dewasa ini bukan hanya di antara perusahaan-perusahaan saja, tetapi juga mencakup pada banyaknya UMKM yang beraneka ragam. Bahkan kini market telah memasuki kancah global, sehingga persaingan bukan hanya dalam cakupan lokal, namun juga sudah pada skala internasional.

Dengan menilik akan kemajuan teknologi serta realita persaingan pasar saat ini, maka strategi digital marketing bisa menjadi pilihan yang baik untuk memasarkan suatu produk atau usaha serta menggaet minat konsumen. Sebab digital marketing merupakan strategi pemasaran dengan cakupan yang sangat luas. Kita bisa memanfaatkan media online, platform, perangkat, teknologi digital, serta lainnya guna meningkatkan penjualan produk bisnis. Terlebih saat ini hampir seluruh masyarakat sudah melek internet. Maka peluang jangakauan produk kita akan semakin meluas bila menggunakan strategi digital marketing.

Selain menjangkau pasar yang lebih luas, strategi digital marketing yang memanfaatkan teknologi media internet dirasa akan lebih menghemat biaya promosi bila dibandingkan dengan menyebarkan brosur atau membuat papan iklan yang tersebar di beberapa sudut kota. Kita juga bisa memanfaatkan media digital yang beragam, seperti TikTok, Twitter, Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi. Selain itu, media promosi yang banyak membuat digital marketing menjadi lebih variatif, kita bisa mengemasnya dalam suatu website, market place, lalu dalam bentuk animasi, video, dan lain-lain. Di sisi lain, untuk kesuksesan strategi digital marketing ini perlu diiringi dengan pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni, sebab digital marketing terbilang sesuatu yang baru dan masih sedikit orang yang memahaminya. Dikhawatirkan bila tidak cukup pengetahuan dan pengalaman maka strategi digital marketing tidak bisa diterapkan. Bisa jadi bukan mendatangkan keuntungan, tetapi malah kerugian. Selain itu, diperlukan passions dan konsistensi dalam menjalankan digital marketing, apalagi kini persaingan pasar pun sudah merambat pada dunia digital. Bila dalam penerapannya tidak ada passions dan konsistensi maka akan menimbulkan sikap pesimis.

Sungguh luar biasa sekali perkembangan zaman yang membawa berbagai perubahan, termasuk market yang kian berkembang serta menjadikan pelaku usaha harus mampu bersaing dengan strategi marketing yang matang. Sekiranya strategi digital marketing bisa menjadi pilihan yang baik dalam menarik minat konsumen, mengingat bahwa kini kemajuan teknologi membuat banyak masyarakat aktif  mengakses internet. Strategi digital marketing ini akan lebih memudahkan dan menjadi ideal bila kita mampu menjalankannya dengan baik, tepat dan maksimal, disertai dengan pengetahuan, pengalaman, juga passion dan konsistensi berkelanjutan.



Penulis: Emilia Fitri Komalasari/KPI/2020 | Editor : Syarifah Zahra/Deputy of Ministry ER

Post a Comment

0 Comments